Training dan Implementasi Cloud Learning Management System (LMS) di Sekolah Pesantren Inspiratif Al Ilham

 

Sekolah Pesantren Inspiratif Al Ilham merupakan lembaga Pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Cinta Untuk Negeri ini.  Pesantren ini berformatkan pondok pesantren (boarding school) yang terdiri dari SMP Inspiratif dan MA Inspiratif serta fullday school yaitu SD Islam Terpadu (IT) Inspiratif.  Pondok pesantren yang berjarak 7 Km dari kawasan Telkom University yaitu tepatnya di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang ini mengusung sistem pendidikan dengan cara mengola borasikan penguatan skill dan wawasan akademis serta penguatan ruh dan pendidikan Islam di dalam penyelenggaraan pendidikannya.

Pada saat ini pesantren inspiratif Al Ilham belum menggunakan sistem pembelajaran berbasiskan digital, padahal Dinas Pendidikan Kabupaten bandung telah menginstruksikan dan menuntut setiap sekolah untuk menggunakan sistem pembelajaran yang telah terkomputerisasi untuk mempercepat digitalisasi sistem pendidikan di Kabupaten Bandung. Apalagi kondisi pandemic COVID 19 yang terjadi sekarang ini menjadi  alasan utama untuk percepatan digitalisasi sistem pendidikan tersebut, sehingga santri dapat melakukan pembelajaran secara jarak jauh dari rumah masing-masing. Di sisi lain, guru maupun tenaga pendidik dapat memiliki sistem pembelajaran yang terstruktur dan terdokumentasi dengan rapi.

Oleh karena itu, kami sebagai dosen Telkom University mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul “Training dan Implementasi Cloud Learning Management System (LMS) di Sekolah Pesantren Inspiratif Al Ilham”.  Learning Management System yang akan diimplementasikan pada arsitektur cloud server adalah Moodle LMS. Hal ini sesuai rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, dimana setiap sekolah dituntut untuk menerapkan Moodle LMS. Implementasi dipilih menggunakan infrastruktur cloud agar semua guru maupun santri dapat mengakses secara langsung di manapun dan kapanpun menggunakan internet masing-masing tanpa memikirkan sumber daya yaitu server, listrik, koneksi internet maupun tenaga teknis untuk maintenance server karena sudah didukung oleh penyedia cloud server tersebut.

Selain implementasi infrastruktur LMS, juga telah dilakukan training atau pendampingan teknis untuk guru, staff pendidik,  maupun santri di pesantren ini. Aspek teknis meliputi instalasi sampai konfigurasi server LMS di cloud server, kemudian aspek teknis lainnya juga mengenai tata cara pemakaian LMS ini terutama membuat safe exam browser dan H5P untuk membuat sistem pembelajaran digital. Secara umum, kegiatan ini diharapkan mampu mempercepat digitalisasi di sistem dunia pendidikan pesantren.

Kegiatan ini dilakukan secara online melalui media video conference. Untuk video kegiatan selengkapnya dapat mengunjungi link video rekaman ini :  https://youtu.be/ensO-4y3TNU

Training dan Implementasi Cloud Learning Management System (LMS) di Sekolah Pesantren Inspiratif Al Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *